Di mana di?

Ada satu artikel di belakang LKS semasa saya SMP dulu yang hingga kini masih terngiang. Tau kan ya LKS? Lembar kerja siswa (cmiiw), yang biasanya jadi andalan guru pas jam kosong sekolah.

Artikel itu berjudul Di mana “di”?

Artikel itu pendek. Pendek dan sederhana. Tentang bagaimana penulis mengungkapkan pada masanya orang-orang banyak yang salah menggunakan kata “di”. Ia mengatakan masih ada juga orang menulis “buanglah sampah ditempatnya” atau “mohon sampah di buang pada tempatnya” yang tentu jelas salah.

Saya menganggap enteng artikel itu. Maksudnya, itu terlalu remeh untuk dibahas. Ya biarkan saja orang salah dalam menggunakan kata “di” dalam tulisan. Toh artinya dapat dipahami orang yang membaca. Tetapi, fenomena yang ada di sehari-hari lambat laun membuat saya berpikir sama seperti penulis. Berpikir layaknya grammar nazi-nya versi pribumi.

Pernah merasa gatal, merasa ingin mengoreksi, saat membaca penggunaan “di” yang semena-mena? Mungkin Anda juga sama. Mereka yang merasa benar dalam berbahsa. Sama-sama grammar nazi. Polisi bahasa yang menjaga ketertiban penulisan bahasa Indonesia. Dan menurut saya, hal itu tidak buruk

2 thoughts on “Di mana di?

  1. Saya termasuk yang gatal dalam mengoreksi EYD. Tapi kalau typo dalam teks chat, saya gak terlalu mempermasalahkan. Tapi kalau menemukan typo dalam sebuah artikel, berita, pengumuman, rambu-rambu, dsb rasanya gedek juga sih.

    Pernah nemu kesalahan penulisan “di” dalam sebuah rambu-rambu yang ada di masjid kampus pasca sarjana sebuah institut negeri terkenal. Kesel banget asli, dalam hati, ini penghuninya para dosen dan mahasiswa pasca sarjana, masa hal kayak gini aja salah, wkwk..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s