Pengalaman Mengurus Migrasi Rekening menjadi Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI)

Mumpung saya sedang ada di Batam, saatnya migrasi rekening Bank Syariah Indonesia! Bulan Mei lalu saya dengan nekat datang ke BNI Syariah untuk mengaktifkan ebanking. Tapi kata customer servicenya:

“Lebih baik nanti setelah 14 Juni 2021 datang lagi ke sini ya pak. Kita ada mutasi atau pemindahan rekening dari BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia. Sudah pernah mendengar BSI, pak?”

Maka dari itu pada kesempatan ke Batam yang berikutnya, yang artinya kemarin (28 Juni 2021), saya datang menuju Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia Batam di Jalan Raden Patah (Nagoya), sederet dengan bioskop 21 lama. KC itu dulunya punya BNI Syariah.

Tampak depan KC BSI di Batam

Sewaktu saya datang, sudah ada petugas yang stand by untuk mengarahkan nasabah untuk berganti rekening. Juga ada tenda dan banyak kursi yang khusus disediakan mengantisipasi banyaknya nasabah yang ingin migrasi rekening. Saya sendiri langsung diberi tahu petugas untuk mengisi form migrasi rekening serta melengkapi dokumen:

  • KTP asli
  • Buku rekening bank syariah yang ingin dimutasikan (punya saya BNI Syariah)
  • Kartu ATM rekening yang ingin dimutasikan

Kelengkapan itu nantinya akan diklip dengan form mutasi rekenkng yang kita isi

Form mutasi rekening

Apabila sudah diisi lengkap dan diterima pegawainya, tinggal menunggu nomor antrean kita dipanggil. Oleh petugasnya kita disuruh membawa KTP, buku rekening, dan kartu ATM yang tadi diperiksa menuju customer service.

Di customer service, kita akan dijelaskan soal teknis pemindahan rekeningnya. Ada biaya sebesar Rp50.000 yang diblok pada rekening lama. Sehingga nominal pada rekening BSI nanti lebih sedikit Rp50.000 dari rekening lama karena tidak bisa dipindahkan. Kemudian, untuk nomor rekeningnya sendiri berubah hanya sedikit. Yang awalnya angka ‘0’ berada di depan nomor rekening lama, sekarang adanya di paling belakang. Sebagai informasi: kode bank rekening BSI adalah 451

Ketika ttd beberapa kali, maka siaplah buku rekening BSI saya. Namun tidak berhenti di sana, saya juga mengurus net banking BSI. Aplikasi untuk memudahkan bertransaksi kapan saja di mana saja

Kita diminta download terlebih dahulu aplikasinya di App Store (ios) atau Play Store (android). Di ios kapasitas aplikasinya tidak besar-besar amat, cuma 89mb kalau tidak salah. Setelah download, kita diminta untuk menyiapkan

  • Nomor pin. Terdiri dari 6 digit dan hanya terdiri dari angka. Diperlukan saat ingin bertransaksi di dalam aplikasi
  • Password/Kata Sandi. Terdiri dari maksimal 8 digit, huruf dan angka. Diperlukan saat ingin masuk ke aplikasi

Mendaftar net banking BSI juga memerlukan pulsa untuk mendapat sms konfirmasi pengaktifan akun. Jadi pastikan handphonemu ada pulsanya ya ;))

Tadaa, sudah jadi~

Selesai. Saya pun akhirnya diserahkan buku rekening dan kartu ATM baru BSI. Yang dilakukan selanjutnya tinggal mengaktifkan kartu ATMnya dengan petugas lain di bank. Jangan lupa dengan nomor pin ATM yang tadi dibuat ya! Saya hampir lupa soalnya wkwk.

Mbak Customer Service tadi menjelaskan di mana saja lokasi BSI di Batam. Ternyata sudah lumayan banyak. Misalnya di Botania dan juga Winsor.

Oh ya, satu lagi catatan penting untuk penggunaam ATM. Untuk saat ini penarikan uang tunai ATM rekening BSI hanya gratis di ATM BSI dan Mandiri. Untuk ATM lainnya dikenakan biaya (Rp6.500 kalau nggak salah). Di ATM Mandiri pun walau tarik tunai gratis, untuk cek saldo dan lain2 tetap dikenakan biaya.

Nah cukup sekian pengalaman saya kemarin. Semoga yang membaca sudah dapat pencerahan ya bagaimana cara migrasi rekening ke BSI. Selamat bermigrasi rekening!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s