Liebster Award – Discover New Blog

Saya pertama kali melihat postingan award2an saat dulu memulai blogwalking. Dulunya saya suka main ke blognya bule. Sudahlah sosoan akrab sama orang nggak dikenal, sosoan bahasa inggris pula. Nah di antara sekian banyak blog bule tersebut, postingan award-award-an sedang marak. Tentu saya sosoan SKSD juga di postingan award itu mesti tak terlalu mengerti apa maksudnya. Baru setelah bermain ke blog tanah air saya mengerti.

Dulunya saya sempat berpikir award-award itu keren. Ya jelas lah ya. Namanya saja ‘award’. Penghargaan. Tak penting pemberinya siapa, mendapat apresiasi menurut saya bukanlah hal buruk. Wa bil khusus dalam Liebster Award ini. Pemberinya teman blog sendiri, tidak ada reward atau hadiah materi. Prestisius pun tidak. Murni sebuah apresiasi dari satu bloger ke bloger lainnya karena sudah ngeblog. Simpel. Sederhana. Dan karena alasan sesimpel itu, praktis Liebster Award bagi saya adalah sarana menyambung silaturahim sesama bloger. Atau bisa juga pemicu bagi bloger yang lagi kena sindrom males luar biasa :”

Oh ya, sebelumnya saya mesti berterima kasih kepada kawanku, sobatku yang harusnya berumur 22 tahun sebentar lagi (semoga nggak salah HAHA), Dika Sukma. Satu hal yang saya ingat tentang blognya adalah tulisan saat-saat doi jatuh cinta dengan seorang perempuan waktu itu. Tulisannya begitu tulus dan jujur dalam melukiskan afeksinya ke si perempuan. Apapun yang terjadi sejak saat itu, semoga cita dan cintamu berjalan baik ya, Dik!

Peraturan:

  1. ucapkan terima kasih pada bloger yang menominasikan anda.
  2. bagikanlah 11 fakta tentang dirimu & pajang 3 link ke artikel blogmu.
  3. jawablah 11 pertanyaan yang diajukan (para) narablog kepadamu.
  4. nominasikan 11 narablog dan bikin mereka senang!
  5. buatlah 11 pertanyaan untuk dijawab oleh para nominator.
  6. beritahukan 11 nominatormu.

Oke! Lanjut ke peraturan nomor 2 ya. Btw saya mau ngecheat sedikit nih dengan tidak memberikan link tulisan blog. Kalau cuma pilih 3 kasian sama tulisan lain pada cemburu huhu. Yak, fakta tentang saya:

  1. Lahir dan besar di Batam. Adakah orang Batam lain yang main wordpress di masa ini? Setelah 4 tahun nangkring di blog, hanya 1-2 kali saya bertemu dengan bloger Batam. Mungkin yang masuk kategori ‘bloger Batam’ adalah Mbak Alaniadita yang dulu sempat tinggal di Batam. Bertemu lagi dengan dengan orang Batam yang main wordpress pasti menyenangkan
  2. Titik paling timur yang pernah saya kunjungi adalah Lombok pada 2016, sedangkan paling barat adalah Medan pada 2020. Kedua tempat tersebut saya datangi dalam rangka urusan dinas. Kesimpulannya, saya hanya akan pergi jauh kalau dibayarin atau minimal ongkosnya murah! HAHAHA MIRIS!
  3. Alasan ongkos yang murah lewat KAI pula yang menjadikan saya beberapa kali jalan-jalan antar kota, antar provinsi selama berkuliah di Jakarta. Waktu libur semester ganjil kami dulu tak pernah lama. ‘Cuma’ 2 minggu. Biasanya sekitar semingguan dari waktu libur itu saya pakai buat berkunjung le teman lama yang kuliah di kota besar di Jawa. Tahun pertama saya ke Bandung. Tahun kedua ke Malang dan Jogja. Tahun ketiga ke Semarang, Bandung, dan Jogja lagi. Kemudian tahun keempat kuliah dan seterusnya menjadi Semarang, Semarang, dan Semarang.
  4. Bicara tentang tempat, tempat paling panas yang pernah saya kunjungi adalah… hmm apa ya. Namanya juga negara tropis. Sudah kodratnya panas. Saya pun lama tinggal di Batam yang notabene panas sangat. Bisa dikatakan Batam adalah salah satu tempat ter”hot” yang pernah saya rasakan. Terik plus pengap bersekongkol mesra. Banyak tempat yang siangnya panas menyengat, namun ketika malam datang, suasana berubah jadi dingin. Hal itu tak berlalu untuk Batam. Bagi Batam, pagi, siang, malam, adalah panas. Saking panasnya, siapapun yang shooting video di sana videonya jadi ‘video panas’ (HAHAHAHA!)
  5. Lalu tempat terdingin adalah Surya Kencana, Gunung Gede. Buat yang belum tau, Surya Kencana adalah padang luas banyak ditumbuhi edelweiss, pos terakhir sebelum puncak Gunung Gede-Bogor. Dan di sanalah pertama kalinya saya merasa kedinginan hebat. Mulanya hanya nafas berkabut. Namun ketika hari semakin malam, bibir gemetaran. Lalu diikuti tangan, kaki, dada, dan akhirnya mengigil seluruh tubuh. Mau tidur pun sulit. Sepertinya malam hari di atas gunung memang dingin dan kejam.
  6. Pada 2016, saya berkesempatan mengikuti pendakian umum ke Gunung Gede bersama mapala kampus. Memang sudah hasrat sejak lama untuk mendaki gunung minimal sekali seumur hidup. Ketika akhirnya mendaki dan berhasil mengikuti pace pendakian, hal yang hampir membuat saya memohon ampun adalah udara dingin di Surya Kencana ketika malam. Yah, meski begitu ‘kapok naik gunung lagi’ bukan untuk saya dan hingga hari ini masih mendambakan pendakian gunung selanjutnya. Entah bisa kapan~
  7. Suka baca manga. Manga yang sedang saya ikuti saat ini adalah One Piece, Haikyuu, One-Punch Man, Jagaaaan, dan beberapa manga ‘anti-mainstream’ seperti Joshikousei no Muda Zukai, Yankee Go to Juki, serta Monkey Peak. Tentu saja semua bisa dibaca online (saya biasa baca di manganelo.com). Tetapi khusus One Piece, sengaja saya hanya membaca versi komik fisiknya.
  8. Suka nonton film, baik lewat sinema bioskop maupun di lewat laptop/TV. Film terakhir yang saya dan Ziza nonton di bioskop: Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Film yang bagus menurut kami, meski konflik utamanya terasa sedikit ‘lebhay’ digambarkan. Tetapi harus saya akui saya suka film itu. Hmm selain suka nonton film, saya juga suka mendiskusikannya. Bagi saya, tukar pikiran pasca menonton film adalah ritual wajib bersama partner nonton. Untung saya sudah punya partner tetap *kedip
  9. Mungkin di antara sekian banyak jenis buku, yang paling saya hayati ketika membacanya adalah novel. Novel pertama yang saya baca adalah Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata ketika SMP kelas 1 dulu. Seorang tante yang merekomendasikannya (dengan setengah memaksa). Dan sejak saat itu, mendeklarasikan diri sebagai penyuka karya Andrea Hirata. Saya rasa gaya bahasa dan humor selera saya dalam tulisan banyak dipengaruhi karya-karya beliau.
  10. Selain karya-karya Andrea Hirata, novel lain yang saya sukai adalah buah tangan Agatha Christie. Yap, Poirot, Miss Marple, dan cerita-cerita beraura detektif itu. Kira-kira sudah ada 20an Agatha Christie yang dikoleksi. Jumlah yang cukup banyak, sampai sudah lupa pernah baca yang mana saja hmm. Namun setidaknya saya ingat Agatha Christie pertama yang saya baca: Death on the Nile (Pembunuhan di Atas Sungai Nil). Bagus banget. Buku pertama yang bikin sport jantung dari halaman per halaman. Oh ya, akan ada adaptasi filmnya lho pada Oktober 2020 ini.
  11. Dua gigi graham bungsu saya tumbuh miring. Kiri dan kanan. Keduanya sudah dicabut sekarang. Yang lebih dulu dicabut adalah yang kiri pada 2010, lalu yang kanan menyusul 9 tahun kemudian. Kenapa tidak barengan? Karena tunggu berlubang dulu HAHAHA. Yang jelas, karena pencabutan 2 gigi itu, saya jadi sedikit trauma mendengar suara mesin bor gigi. Pencabutan gigi pada 2010 lalu memberikan rasa sakit ranking tertinggi dalam hidup saya.

Hmm panjang ya hmm. Lanjut, pertanyaan dari Dika Sukma:

  1. Ada tempat memorable yang kira-kira gak akan kamu lupain selama 10 tahun kedepan? dimana dan kenapa? Rumah kontrakan yang sekarang saya tinggali! Rumah serba ijo yang udah kayak kebun binatang saking banyaknya binatang pernah masuk. Alasannya sesimpel tempat pertama saya dan istri memulai keluarga. Saya yakin banyak yang akan saya ingat tentang rumah ini. Banyak momen terjadi. Binatang yang singgah dan berencana menetap juga nggak kalah banyak.
  2. Satu lagu terbaik sepanjang masa menurut kamu? alasannya kenapa? Nothing From Nothing dari Billy Preston. Instrumennya rame. Pianonya jenius. Beatnya uplifting. Kalian yang suka musik ceria plus instrumen yang ‘kaya’ kudu denger lagu ini. Lagu lama sih tapi.
  3. Kamu punya film yang menurut kamu bagus banget? Forrest Gump. Tom Hanks itu lho. Jalan ceritanya keren gila. Aktingnya nggak ada duanya. Dan terpenting, banyak lucunya. Everything about ‘Forrest Gump’ is just my taste
  4. Seandainya kamu diberi kekuatan yang bisa mengubah apapun yang ada di dunia ini, tapi hanya bisa kamu pakai sekali, apa yang akan kamu ubah? Apa ya, nggak pernah kepikiran sebelumnya. Mengubah diri supaya bisa merasa lebih bodo amat aja deh
  5. Apa bahasa yang ingin kamu kuasai selain bahasa inggris? Waktu deket2 nikah kemarin pengen lancar bahasa Jawa (Kromo Inggil) biar mertua manggut-manggut takjub keheranan lalu tanpa sadar tanya “mau nikah kapan?” Ahay
  6. Anggap saja pertanyaan ini papan reklame besar yang ada dipinggiran jalan dan dibuat sengaja untuk kamu, akan kamu pasang dengan gambar/kata-kata apa? Yang ini juga nggak pernah dipikirin sebelumnya wkwk. Untuk momen-momen sekarang ini nulisnya: #MencatatIndonesia (alias PLEASE BUAT KALIAN YANG BELUM SENSUS PENDUDUK ONLINE KUDU BANGET IKHLAS MENERIMA PETUGAS SENSUS BULAN SEPTEMBER 2020 NANTI)
  7. Definisi bahagia menurut kamu? Jangan dipikirin deh bahagia itu apa atau yang bagaimana. Bahagia itu dirasain, nggak usah dipikirin.
  8. Seandainya kamu dikasih minuman/makanan yang tidak kamu suka sama teman kamu, apa yang akan kamu lakukan? Saya bukan tipe yang pemilih untuk soal makanan/minuman. Selama ia memberi dengan maksud ‘berbagi’, pasti saya makan/minum
  9. Kamu lebih suka tempat ramai atau atau tempat sepi? Kenapa? Untuk tempat tinggal saya lebih suka yang sepi/tenang. Tempat lainnya lebih suka ramai. Kenapa? Nggak tau
  10. Apa olahraga yang paling kamu suka? Saya suka sepak bola, tapi nggak bisa main ahaha.
  11. Kalau kamu bosan di rumah, apa hal yang biasanya kamu lakukan? Susah banget ngerasain bosen di rumah (all hail, anak rumahan!). Yah sekalipun suntuk di rumah aja, sekadar jalan-jalan sebentar keluar rumah bagi saya sudah cukup.

Selesai dari saya! Nah selanjutnya adalah mengoper tongkat estafet. Kesebelas nominator dari blog ini adalah:

  1. Ziza (hayoloo nulis šŸ˜ˆ)
  2. Rizza Umami
  3. Bang Joe
  4. Haidar Afanin
  5. Ratna Sahda
  6. Febri Dwi Cahya
  7. Hendra
  8. Jenari
  9. Suci Su
  10. Uda Jamil
  11. Zahra Pu Faa

Ehem itu dia. Selamat atas ke-11 nominator terpilih (yaaaaay!). Pertanyaan untuk nomonator adalah:

  1. Kapan pertama kali blog kamu (blog yang sekarang) dibuat?
  2. Apa alasan membuat blog waktu itu?
  3. Apakah orang sekitarmu tau kamu punya blog?
  4. Apa tidak enaknya punya blog?
  5. Berapa lama rata-rata kamu menulis sebuah postingan blog?
  6. Ada berapa banyak draft blog kamu yang belum terselesaikan?
  7. Pernah kah kamu kopdaran/bertemu dengan teman blogmu? Apakah kamu tertarik bertemu (lagi) teman blog?
  8. Kamu tipe yang mana, menulis tulisan dulu di notes/word/aplikasi lain lalu copy ke wordpressc arau langsung menulis di wordpress?
  9. Berapa lama rekor kamu hiatus dari blog?
  10. Apa yang membuatmu akhirnya ngeblog kembali setelah hiatus?
  11. Kamu lebih suka ngepel atau cuci piring?

Selesai! Akhirnya selesai juga tulisan ini. Seru juga ternyata. Saya menyadari dinominasikan award ini bisa terhitung ‘merepotkan’. Sengaja saya menulis seluruh pertanyaan seputar blog saja dengan harapan memudahkan penulisan. Kembali lagi, meneruskan award ini bukanlah sesuatu yang mutlak. Semua pilihan ada pada nominator.

Peace. Love. Gaul.

9 thoughts on “Liebster Award – Discover New Blog

  1. Hihi enggak miris juga kalau pergi jauh hanya kalau dibayarin dan karena ongkos murah, karena saya pun juga begitu. Keperluan setelah berkeluarga itu kan banyak jadi ya kalau mau pergi jauh mesti nabung dan lama terkumpulnya.

    Like

  2. yaaampunnn!!! mention kamu nggak masuk ke notif mana pun, untung aku ngecek blog kamu kakk, aw aw aku terharuuuu akhirnya dapat award dari kamu walaupun diurutan terakhir hihi. makasih kakakkkk

    btw, kok kamu bisa sih nggak bosen dirumah :’) dann bahagia yang penting dirasain, itu aku setuju banget sihh hahaha efek bingung jugakan gimana mau mendeskripsikannya? hahaha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s