Kabar Teman Lama

Tiba-tiba halaman depan facebook terbuka. Pada kolom search, terketik nama teman lelaki zaman SMP dulu. Mata pun terfokus pada jumlah “teman” yang berjumlah ribuan itu. Tertegun, namun tetap maju. Menit berikutnya dimulailah penjelajahan nama-nama yang familier dalam daftar teman itu. Nama-nama yang pernah terasa dekat…

Entah karena kerasukan jin apa, kadang saya penasaran dengan teman-teman lama semasa sekolah dulu. Sesederhana ingin tau bagaimana rupa mereka atau bagaimana status sosialnya sekarang. Mungkin karena dulu sering berinteraksi lalu tak lagi mendengar kabarnya, jadi ingin tahu saja keadaannya sekarang.

Dan setiap kali mencari tahu kabar teman lama tersebut, selalu ada hal mengejutkan yang ditemukan

Misalnya teman-teman perempuan dulu.
Beberapa dari mereka ada yang menjadi semakin cantik, yang bisa saja membuat saya menyesal kenapa dulu tidak menjadi lelaki pemberani yang suka bermain wanita. Setidaknya jika saya bisa mempertahankan dan memupuk satu saja dari mereka sejak dulu, pasti akan untung berlipat saat ini. Hmm… Mungkin diksinya salah, bukan di situ intinya.

Lalu yang laki-laki. Beberapa teman memang mengalami perubahan drastis dari segi penampilan. Teman yang dulu bulet-buletnya mirip Doraemon sekarang malah jadi mirip Tulus. Teman yang dulunya kurus tipikal anak polos nggak suka makan sekarang malah jadi kurus tipikal pecandu narkoba. Bila saya pikir lagi, perubahan fisik memang wajar. Toh kondisi yang saya bayangkan adalah kondisi 10 tahun yang lalu dengan sekarang. Tetapi tetap saja. Melihat perubahan seperti itu membuat takjub.

Dari segi status sosial, saya terkaget kubro saat mengetahui begitu banyak teman seangkatan saya yang ternyata sudah menikah. Terlebih, banyak pula dari mereka yang ternyata sudah mengemong anak. Sudah tua saya mah (HAHA!). Memang selama ini saya kurang update perihal menikah teman seangkatan, mengingat minimnya saya berhubungan dengan mereka. Jadi wajar kalau kaget. Di luar itu, tetap ada yang tidak mengejutkan. Yaitu mereka yang memenuhi ekspektasi saya dulu: golongan-golongan yang istiqomah menjomblo. Golongan yang solid nan berjiwa korsa.

Cari info teman lama di medsos paling enak lewat facebook (menurut saya sih)

Di akhir penelusuran, kesimpulan yang dapat saya ambil selalu sama: bisa-bisanya mereka berubah sejauh itu sedangkan diri ini tidak banyak berubah hmm. Apa karena kita cenderung menilai diri sendiri selalu sama? Entahlah, itu soal lain. Yang penting, saya selalu senang dapat tahu kabar teman lama meski tak bertemu. Setidaknya melihat mereka baik-baik saja dengan kehidupan yang sekarang adalah pertanda baik. Saya pikir itulah salah satu kegunaan media sosial. Untuk mengabarkan bahwa kita baik-baik saja. Karena di luar sana, ada orang-orang yang ingin mengetahui bahwa kita baik-baik saja ;))

27 thoughts on “Kabar Teman Lama

  1. Setuju banget sama Fadel, saya juga berpikir seperti itu tentang sosial media saat mama saya curhat. Mama saya kan ibu rumah tangga. Mama senang banget ngeliat status wa update’an foto teman-temannya.
    Katanya begini,”Mama senang kalo temen update foto. Mama jadi tau kabar mereka :).” Sejak saat itu, saya jadi tahu, ternyata ada lho yang menanti dan bahagia melihat kabar kita di sosial media :’)

    Liked by 2 people

      1. Kalo temen deket, sebaiknya tanya langsung aja via sosial medianya del. Chat wa atau DM, ajak ketemu 😀

        Iya sama2, Fadel. Salam kenal juga ya 🙂

        Like

  2. “Karena di luar sana, ada orang-orang yang ingin mengetahui bahwa kita baik-baik saja”

    Hehe bener banget mas fadel, ini kadang jg jd salah satu cara sayaa utk bisa tau kabar trman disana 🙂

    Liked by 1 person

  3. Mungkin karena di facebook orang2 kebanyakan pakai nama asli. Sedangkan kalau di ig atau twitter, orang2 suka bikin pakai nama lain. Tapi selain untuk nyari temen, nyari tempat sewa kontrakan dan kosan juga lebih gampang pakai fb, wkwkwk

    Liked by 1 person

    1. Nah iya, bisa jadi. Nama asli dengan font alay kadang 😂

      Hm baru nyadar juga sih buat nyari kontrakan/kosan. Pengalaman membangun rumah tangga baru nih din? Wkwk

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s