KITA Berbagi: 1000 Paket Ramadhan

Enaknya tinggal di Jakarta, banyak tempat dapat diakses mesti tidak ada transportasi pribadi. Semua itu berterima kasih kepada mode transportasi umum ibukota. Berkat mereka, saya dapat berkeliling melihat Jakarta. Mulai dari gedung pencakar langitnya (maaf langit), mal-mal besar, tempat makan ngehitz, sampai jalan raya 8 ruas, semua dapat dilihat dengan bermodal sedikit uang (Rp 3.500 doang kalau mengandalkan Transjakarta, transportasi kita semua…)

Namun selain tempat-tempat bagus seperti yang disebutkan sebelumnya, mata saya turut melihat mirisnya kehidupan golongan bawah. Dan sesungguhnya mereka berada dekat. Contohnya bisa jadi di belakang mal-mal besar tadi terdapat pemukiman kumuh. Atau tak jauh dari gedung pencakar langit itu, hidup orang-orang yang masih mesti mencakar-cakar tempat sampah demi menyulapnya menjadi beberapa lembar uang. Jakarta adalah tempat di mana si golongan atas dan golongan bawah hidup berdampingan, namun tak sekalipun mereka bersinggungan.

Lalu hiduplah kita, yang bisa saja berada di golongan atas atau bawah atau mungkin pula bukan keduanya. Jika dimisalkan golongan atas dan bawah itu pisahkan oleh garis lurus panjang melintang, maka yang tidak termasuk kedua golongan ini berada tepat di tengah garis. Mereka sadar betul diapit oleh dua kubu. Mereka menonton. Mereka spektator sejati.

Pernahkah tersadar kalau kita dapat melakukan sesuatu yang lebih? Tidak sekadar menonton maksudnya. Baik jauh atau dekat, selama kita tahu, saya percaya kita selalu dapat melakukan hal lebih banyak. Kepada orang-orang yang posisinya lebih bawah, kita dapat mengulurkan tangan untuk sedikit meninggikan mereka. Kepada orang-orang yang berada lebih atas, kita dapat menolehkan pandangan mereka ke arah bawah. Banyak. Banyak yang dapat kita lakukan untuk membantu. Dan di sini, saya ingin memperkenalkan satu program mulia milik teman seperjuangan. Milik KITA Berbagi

kitaberbagi3.JPG

Nama programnya KITA Berbagi 1000 Paket Ramadhan. Program ini adalah salah satu upaya kemanusiaan yang dilakukan oleh komunitas KITA (Kumpulan Insan Tanggap dan Aktif) Berbagi, sekumpulan muda-mudi yang terpanggil hatinya untuk membantu sesama lewat bantuan-bantuan sosial. Ini bukanlah program pertama mereka. Sebelumnya mereka sudah beberapa kali melakukan kegiatan bakti sosial lainnya seperti kunjungan ke panti-panti, membagikan buku pun bantuan sosial lainnya.

Dan kini, mereka mencoba memperluas uluran tangan. KITA Berbagi dengan programnya, 1000 Paket Ramadhan, merupakan kegiatan menabung sejak bulan Maret kemarin hingga pertengahan Juni yang hasilnya akan digunakan untuk membeli 1000 paket Ramadhan. Yak. Seribu. Hebatnya lagi, KITA Berbagi 1000 Paket Ramadhan ini akan dilaksanakan di 4 kota: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Lampung. Paket Ramadhan yang dimaksud sendiri adalah kombinasi sembako-sembako

KITA tidak sendirian (hmm… iya juga). Mereka bekerja sama dengan STIS Berseri (komunitas sedekah harian gagasan mahasiswa STIS) dalam melakukan programnya. Maka jadilah bagian dari gerakan bantuan sosial ini. Partisipasi kalian akan sangat membantu mereka yang membutuhkan

Dalam kegiatan KITA Berbagi 1000 Paket Ramadhan ini, kita dapat berpartisipasi dengan cara:

  1. menjadi donatur dengan menyumbangkan uang dan/atau
  2. menjadi relawan dengan menyumbangkan tenaga dan sumber daya yang dimiliki (tenaga, waktu, kendaraan, media sosial campaigner).

kitaberbagi5.JPG

Selain itu, kita dapat juga dapat berdonasi dengan membeli paket Ramadhan: Rice for Other di buyforothers.com dengan kode voucher: KITABERBAGI untuk mendapatkan diskon 10%.

Bagi yang berminat, dapat segera menghubungi narahubung di bawah ini:

kitaberbagi2

Program ini bertajuk bakti sosial Ramadhan. Kita tahu bulan Ramdahan ini bulan penuh berkah. Dosa-dosa terampunkan, pahala dilipatgandakan. Jadi bayangkan saja feedback apa yang bisa kita dapat setelah membantu orang-orang yang kesusahan :))

Yak. Sekian penjelasan dari saya. Kalau ada yang ingin bertanya, saya persilakan…

Nggak ada? Oh ada… Ya, kamu, yang ganteng..

Terima kasih atas kesempatannya… Secara keseluruhan, ini adalah kegiatan sosial yang mulia. Tapi saya masih belum paham. Intinya program ini ngapain sih??
Makanya dengerin bener-bener del -_- Hmm.. saya juga minta maaf ding kalau penjelasan saya tadi masih belum jelas. Jadi gini, intinya program ini berjalan layaknya penggalangan dana. Dana yang terkumpul nantinya akan dikonversi menjadi paket-paket Ramadhan. Dan jumlahnya nggak main-main. Seribu! Keseribu paket Ramadhan ini kemudian akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan. Sebut saja pemulung, tukang sampah, manusia gerobak, tukang parkir, tukang becak yang renta (yang masih kuat insyaallah tetep dikasih), dan para fakir miskin.

Ya ya ya… Tentang paket Ramadhannya katanya sembako ya. Ada rinciannya nggak tentang penggunaan dananya? Maksudnya biar ada transparansi gitu
Eiitss.. jelas ada dong. Nih kalau mau liat.

kitaberbagi4.JPG

Ke semuanya jumlahnya seribu kaannn?? Dan bisa diliat sendiri bagaimana targetnya

Kalau dana udah jelas lah ya. Bisa ditransfer. Terus maksud jadi relawan di situ gimana ya?
Jadi gini. Program ini akan dilaksanakan pada 12 Juni- 17 Juni 2017 dengan mekanisme SOTR (Sharing on The Road) di kota-kota yang telah ditentukan. Artinya, relawan-relawan tadi akan bergabung dengan anggota KITA dan STIS Berseri untuk turun langsung ke lapangan untuk memberikan Paket Ramadhan langsung ke orang yang membutuhkan. Kegiatan sosial ini pun dapat diikuti secara live. Bahkan relawan dapat merasakan sendiri kehangatan penerima saat menyerahkan paket Ramadhan ini. Asyik nggak tuh??

Wah.. asyik, asyik. Jadi siapa aja yang diajak untuk berkontribusi baik menjadi relawan atau donatur?
Banyak. Kamu salah satunya del. Kalau boleh dibilang semua orang yang membaca ini atau siapa saja yang mengetahui program ini boleh berkontribusi. Memang betul program ini digawangi oleh mayoritas mahasiswa. Tetapi untuk membantu tidak perlu memandang status kan? Mahasiswa, calon mahasiswa, orang tua mahasiswa, masih mahasiswa, masih saja mahasiswa, bukan mahasiswa, bukan lagi mahasiswa, calo ujian masuk mahasiswa, semuanya dapat bergabung. Pastinya juga nggak mesti tinggal di ke-4 kota tersebut buat bisa berpartisipasi. Penduduk kota lain juga bisa banget ikut. Membantu kan tak pandang bulu, pun membantu tak melihat asalmu…

Oh begitu.. Terus saya juga mau tanya tentang…
Aih… nanya mulu -_-

Lho, kamu kok ngomongnya jahat gitu?
Bukannya jahat. Dari tadi kita ngobrol nggak ada selesai-selesainya ini -_- Kamu tahu saya punya skripsi yang menunggu kan? Huhu. Kalau memang minat banget dan pengen tau lebih banyak, coba cek akun medsos di bawah ini:
KITA Berbagi
Line: jek6153f
Instagram: yukkitaberbagi
Kitaberbagi.tumblr.com

Ya udah deh. Saya langsung cek ya linknya. Di atas juga udah ada nomor mbak2 dan mas yang pastinya lebih baik cara jawabnya daripada situ. Huft!
Grrr… Hush! Pergi sana. Udah nanya lama, nggak taunya ngeselin. Seenggaknya doain skripsi lancar juga kenapa -_-

Advertisements

7 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s