Ssstttt… Rahasia…

Rasanya sulit membayangkan orang yang tidak memiliki rahasia. Kalau diartikan secara kasar, rahasia adalah sesuatu yang hanya diketahui satu manusia, beberapa makhluk gaib, dan Yang Maha Satu. Dan umumnya si satu manusia itu berupaya menutup kebocoran informasi rahasianya itu agar tidak diketahui manusia lainnya. Ada pula rahasia yang hanya diketahui oleh dua atau sekelompok manusia, beberapa makhluk gaib, dan Yang Maha Satu tentunya. Aih.  Sepertinya pengertian ini terlalu mistis ya. Kalau begitu mari kita intip ke definisi ‘rahasia’ menurut KBBI Online.

‘Rahasia’ memiliki beberapa pengertian menurut KBBI Online, di antaranya:
  1. sesuatu yang sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain
  2. sesuatu yang belum dapat atau sukar diketahui dan dipahami orang (rahasia kalbu, rahasia alam)
  3. sesuatu yang tersembunyi (lubang rahasia, toilet rahasia)
  4. cara yang setepat-tepatnya, biasanya tersembunyi atau sukar diketahui; kiat (buku ‘rahasia bisa membaca dalam 5 menit tanpa bantuan orang lain’)
  5. sesuatu yang dipercayakan kepada seseorang agar tidak diceritakan kepada orang lain yang tidak berwenang mengetahuinya
  6. secara diam, sembunyi-sembunyi; tidak secara terangterangan (tentang perkumpulan)

Begitulah. Keenam definisi di atas sudah sedemikian disusun agar merangkum segala konsep-definisi ‘rahasia’. Bahkan KBBI Online menambahkan beberapa varian rahasia lain yang ada dalam bahasa Indonesia. Satu yang patut diperhatikan adalah ‘rahasia umum’. Oleh KBBI Online ‘rahasia umum’ diartikan sebagai ‘sesuatu yang seharusnya disembunyikan, tetapi sudah diketahui orang banyak’.

Sebenarnya saya kurang setuju dengan adanya istilah ‘rahasia umum’. Otomatis konsep ‘rahasia umum’ ini menafikan keberadaan enam definisi rahasia di atas. Jika diartikan secara naluriah, bukankah rahasia umum sama saja dengan rahasia yang telah terbongkar? Lantas, apa rahasia yang telah diketahui orang banyak masih pantas dianggap rahasia? Barangkali jawaban atas pertanyaan tentang rahasia ini akan menjadi rahasia yang dirahasiakan selamanya

Hmm.. baiklah. Tentang rahasia umum, saya termasuk tipe orang yang terbelakang untuk masalah mengetahui rahasia umum. Apapun masalahnya. Rahasia umum seringkali tetap menjadi rahasia bagi saya untuk waktu yang lama. Dan ini bukan karena saya yang mengambil sikap anti-sosial. Saya selalu mencoba untuk berteman dengan banyak orang. Namun entah mengapa selalu ada informasi-informasi yang oleh banyak orang tahu, tetapi bagi saya masih rahasia. Rahasia dalam rahasia umum

Pernahkah merasakan rasa penasaran yang menggila tentang sesuatu yang tidak kita ketahui, namun kita tahu banyak orang sudah mengetahuinya? Kurang lebih seperti itulah perasaan saat kita tidak mengetahui rahasia umum. Perasaan itu akan membawa kita ke status kepo level naga.

Misalnya seperti saat berembus kabar tentang teman sekampus yang berpindah keyakinan. Atau tentang seseorang yang katanya sudah divonis mengulang setahun untuk aktivitas akademiknya karena dianggap mencemari nama kampus. Atau tentang seseorang yang suka sekali permisi ke toilet saat ia berkeringat hebat. Saya sama sekali tak tahu menahu siapa orang-orang itu meski sudah mendengar kabarnya. Dan ini membawa saya ke status kepo level naga itu. Rasa kepo itu berkecamuk sampai-sampai rasanya ingin menjilat semua orang yang mengetahui rahasia umum tersebut. Parahnya lagi, kebanyakan orang menganggap rahasia umum tersebut adalah rahasia yang mesti dijaga rapat-rapat. Hm…

Tetapi saya coba merenungkan rahasia umum yang ada di sekitar saya. Hampir seluruh rahasia umum ini tak ada bedanya dengan apa yang kita sebut sebagai gosip alias ghibah alias nyinyir. Rahasia umum pada dasarnya mengupas/mengangkat hal-hal yang dianggap tabu menjadi layak dan patut untuk diperbincangkan. Rahasia umum juga biasanya berisikan aib atau berita lain yang apabila didengar objek bersangkutan, ia pasti tidak suka. Dan kita tahu kalau itu tidak baik sampai-sampai diibaratkan bagai memakan bangkai saudaranya yang telah mati. Di luar itu, ada juga orang yang merahasiakan hampir segala hal, seolah itu memang pantas dirahasiakan. Tentang yang ini… ah sudahlah. Malas membicarakannya -_-

Sudah terlalu banyak kata rahasia di sini. Biar rahasia tetap rahasia

Advertisements

29 comments

  1. Wiih kok sama, terlepas dari fakta bahwa isu di stis ini pasti semerbak wk. Apalagi “rahasia umum” tentang si ini yang deket sama si anu dan katanya udah lamaa banget, itu kok aku ga pernah tau padahal udah hampir 4 tahun di sini wkwk eh itu gosip deng, Alhamdulillah berarti 😹

    Anw ini kamu sama aja lagi nyebarin isu ga sih del dengan contoh-contoh itu?😹

    Liked by 1 person

    1. Alhamdulillah.. Memang patut disyukuri go…
      Aku nggak nyebar ini di fb kok go haha. Selama nggak aku share, nggak pernah/bakal ada teman senasib sepenanggungan yang buka ini blog 😂

      Like

  2. Walaupun ada istilah rahasia umum, menurutku tetep ada rahasia dibalik itu. Yang tau seutuhnya tetep diri dia sendiri kan. Semakin tersebar bukannya semakin berkurang atau bertambah informasinya. Nah dari situlah muncul hosip, dari hosip munculah orang nyinyir. Wkkk begitu pengamatanku 😁

    Like

  3. Wih sama bener. Aku juga tipe orang yang terbelakang dalam hal updating info-info berbau rahasia yang tak lagi rahasia seperti itu.
    Padahal aku punya beberapa medsos yang juga digandrungi orang-orang kebanyakan.. (yang penting punya, tapi aktif juga kagak)

    Btw, emang siapa sih yang suka ke toilet kalo lagi keringetan hebat? Klo udah nemu jawabannya, kasih tau ya.
    Menarik banget tuh rahasianya.

    Liked by 1 person

    1. Wkwk.. Ya pantes dar 😂
      Aku malah cuma main fb. Hemm.. Iya ya. Kesimpulan: punya andil mengatasi kekudetan. Contoh konkretnya seperti apa yang kamu bilang. Udah males nulis contoh konkret lagi aku…

      Tentang yang terakhir itu nanyanya becanda doang kan wkwk. Janganlah.. Nggak tega aku sama orangnya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s