Bye 2016!

Pada akhirnya di sinilah kita, di hari terakhir 2016. Sudah setahun ternyata ya. Terkadang setahun dapat terasa terlalu cepat, terkadang seakan tak berakhir. Sedangkan 2016 sendiri? Entahlah. Bagi saya tahun ini adalah salah satu tahun terbaik yang pernah dijalani. Ada banyak hal baik yang terjadi tahun ini yang membuat saya mengatakan begitu. Tetapi rasanya kurang bijak untuk menuliskan semua itu.

Bisa saja saya menceritakan betapa berharganya pengalaman praktek kerja lapangan STIS (istilah KKN untuk kampus lain) di Lombok kemarin yang bahkan tidak mengeluarkan uang sepeserpun, atau betapa berubahnya ibu saya tahun ini yang mendadak jadi hiperaktif melebihi ketua OSIS anak SMA, atau cerita pulang kampung tahun ini yang begitu lama sampai-sampai tetangga ngiranya udah wisuda aja. Mungkin. Namun itu semua terlalu banyak untuk dijadikan satu tulisan. Selain itu, jika terlalu banyak menceritakan diri sendiri orang akan mengira saya ini fakir perhatian, yang mana tentu saja tidak benar.

Jadi, 2016 dalam tulisan ini adalah beberapa hal yang saya dan Semut Hitam alami. Oh kangennya

a. Semut Hitam Terus Berkembang

Aahh. Semangat ngeblog sedang menggebu-gebunya tahun ini. Alasannya pasti karena ini tahun pertama mulai aktif ngeblog. Semua ini bermula di januari lalu. Ada sedikit rasa sombong karena akhirnya target blog tahun lalu akhirnya terpenuhi juga. Oh ya sebagai informasi, sampai bulan desember 2015, blog ini hanya diperuntukkan media penyimpanan online tanpa ada niat untuk menggaet pembaca atau bloger lain. Alhasil walaupun sudah ada sejak awal 2015, hampir tidak ada pengunjung sama sekali sampai januari 2016. Semua berubah sejak saya tidak sengaja mengunjungi blog teman saya di tumblr yang kelihatannya ramai. Aneh. Ada perasaan iri melihat interaksi teman saya ini dengan bloger lain. Lalu karena dibutakan rasa iri (seperti ibu2 sinetron yang gagal dapat warisan), saya sadar kalau sebenarnya saya juga bisa melakukan hal yang sama di wordpress. Maka lahirlah tujuan lain, yaitu menjalin pertemanan lewat blog 🙂

Semenjak itu saya mulai rajin blogwalking. Menyenangkan. Walaupun tak bertatap muka, ada perasaan keterikatan dengan kehidupan bloger lain lewat tulisan mereka. Ajaib memang. Pada bulan ini pula pertama kalinya saya mengikuti dan diikuti blog lain. Senang luar biasa men. Akhirnya ada juga hal yang bisa disombongkan, walau dengan satu follower (HA HA!). Sadarlah wahai pembaca, sombong itu tak selamanya jelek. Sombong adalah tanda bahwa kita bahagia. Mungkin seperti pepatah yang saya temukan dalam musik alay masa kini, “Nggak apa-apa jelek, yang penting sombong…”

Tetapi perlu diperhatikan kadar kesombongan kita, jangan terlalu banyak atau sering. Karena terlalu banyak sombong  akan menimbun geram dari lingkungan sekitar. Percayalah. Penulis pernah merasakan geram itu, baik itu geram manja atau geram yang sampai secara harfiah ‘menggeram’ (bukan dalam hal blog sayangnya -_-)

Alhamudulillah sekarang Semut Hitam sudah mencapai apa yang dicitakan pemiliknya, yaitu mendapat banyak pertemanan. Jatuhnya jadi seperti media sosial sih. Tapi ya…. BODO AMAT. Saya bahagia begini adanya

b. Kopi Darat itu Mengasyikkan

Entah bagaimana sejarahnya frasa kopi darat disamakan dengan kata perjumpaan. Namun yang jelas kata seorang gadis, kopi darat itu candu. Dan saya harus setuju

Kurang lebih semasa SMP dulu saya pernah hampir saja (hayoloo, mikir lagi kan) melakukan kopi darat dengan seseorang. Waktu itu zaman2nya SMS-an dan berhubung sudah cukup lama saya ‘kucing-kucingan’ dengan seseorang, kami sepakat mengadakan pertemuan di suatu mal. Naas, karena memang masih bocah, mungkin pertemuan kami tidak direstui Allah. Kami berdua tersasar. Waktu bertemu sore hari ngaret sampai setidaknya malam hari dan doi nggak boleh keluar malam *duh*. Ia menyampaikan permohonan maaf lewat SMS lalu memutuskan pulang karena sepertinya amukan ayah adalah jelmaan neraka baginya. Saya sendiri tidak dilarang mau pulang malam (emang dasarnya anak liar), tetapi karena tidak tau mau ngapain lagi saya pun pulang. Sejak itu SMS doi perlahan-lahan menghilang. Entah bagaimana kabarnya sekarang. Dan itu semua karena sebuah kopi darat yang gagal. Thanks Kopdar -_-

31-things-explain-washington-dc-11

Yang biasanya ada di pikiratn kita pada saat tersesat. Sumber

Namun itu semua cerita lama. Bulan ini sudah 2 kali melakukan kopdar dan keduanya sukses berat men. Yang pertama bersama Azizatoen di Semarang dan Vallendri di Bogor. Walaupun judulnya sama-sama kopdar, yang saya lakukan amat berbeda. Toh memang kedua orang itu memiliki karakteristik amat berbeda pula. Awalnya memang terasa aneh. Kami yang biasanya hanya bertegur sapa sekaligus saling lempar komentar di tulisan masing-masing kini harus berinteraksi langsung. Lambat laun setelah terbiasa, rasanya kita sudah saling mengenal lama walau sebenarnya baru bertemu di hari itu juga. Saya yakin ini ada hubungannya dengan keterikatan antar bloger yang saya sebutkan di poin satu. Pun ada banyak pelajaran yang dapat dipetik dengan bertemu langsung seorang bloger. Karena biasanya bloger itu rajin menulis, ia lebih pandai menyampaikan pendapatnya dengan baik dibanding yang lain. Efeknya sisi positif yang dapat kita ambil dari bloger tersebut menjadi optimal. Tentang meraih mimpi misalnya. Berkat kopdar kemarin, saya tersadar kembali kalau mimpi tetap harus kita pegang. Walau sudah semelenceng apapun dari orbitnya. Thanks Kopdar 🙂

c. Sarana Pengembangan dan Evaluasi Diri

Materi tulisan yang saya buat dalam blog ini kebanyakan fiksi. Biarpun begitu, tetap banyak yang dapat saya ambil ketika menulis fiksi. Yang pertama tentunya dengan lebih banyak menulis, cepat atau lambat kita pasti berkembang. Banyak menulis cerita bisa jadi dampaknya kita jadi cenderung memikirkan alur2 unik dan dialog2 dramatis. Banyak menuliskan opini dapat menajamkan logika kita serta mampu untuk menyampaikannya dengan cara yang lebih baik. Banyak menulis artikel dapat memperluas wawasan sekaligus berpeluang mencerdaskan ribuan orang lain yang ikut membaca tulisan kita. Apa yang ingin saya sampaikan adalah proses menulis merupakan proses pengembangan hidup kita di banyak aspek. Kita akan menjadi semakin baik di setiap frasa yang kita tulis dan sadarlah kalau blog mampu menjadikan diri kita jadi lebih baik.

Saya senang dapat terus menulis di blog ini biarpun dengan kualitas menulis begini dan pembaca sejumlah segini. Karena saya sudah merasakan sendiri manfaat-manfaat blog yang jauh-jauh hari sebelumnya semua hanya sekedar teori.

Ketika ujian tertulis misalnya. Secara ajaib saya dapat mengarang lebih lancar (tidak baik untuk ditiru). Meskipun saya tidak tahu jawaban yang saya tulis benar atau tidak, mampu menuliskan apa yang kita pikirkan adalah suatu kepuasan. Yang penting kita sudah melakukan apa yang kita bisa. Belum lagi kemampuan komunikasi kita yang ikut berkembang dengan semakin banyaknya kita berkomunikasi dengan sesama bloger. Itu semua karena andil blog.

Dan khusus tahun 2016 ini, saya amat sangat berterima kasih kepada teman-teman sesama bloger yang telah meluangkan waktu emasnya untuk mengunjungi Semut Hitam di sini. Berkat adanya bloger lain yang membaca serta memberi masukan, saya ikut terpacu untuk menjadi lebih aktif, bernaluri untuk terus menulis, serta mengembangkan minat saya. Pun begitu halnya ketika saya mengunjungi blog lain. Kehadiran blog lain adalah referensi dalam menajamkan wawasan dan daya kritis. Entah jadi apa saya kalau cuma mengurung diri dari dunia bloger lain. Mungkin untuk melukis satu huruf pun sulit

TERIMA KASIH!

SEMOGA DI 2017 KITA SAMA-SAMA SEMAKIN BAIK DAN SILATURAHIM KITA TERUS TERJAGA!

snake

Advertisements

35 comments

    1. Aura EO nya terasa banget ini 😂

      Aku nggak tau kalau bikin acara Vir. Karena nggak ada media pemersatu kita (sesama bloger maksudnya) yang bisa bikin kita saling kenal. Beda kalau ceritanya kita udah masuk komunitas *curhatan seorang tanpa komunitas*

      Kalau kopdar skala kecil sama bloger2 yang kita saling kenal boljug juga tuh. Kalau bisa sekalian bikin trip ke mana gitu huhu

      Liked by 1 person

      1. Nah! Iyaaaa. Itu maksudkuu. Hayulaaaah. Yg kenal kenal ajaaa dulu. Kalo mau ntar kita bikin postingan ttg itu aja dulu. Okedeal. Sip. #maksa #tapigapapa #biarinaja

        Liked by 1 person

      2. Hmm kenapa tiba2 semangat gini Vir 😅. Ide bagus tuh bikin postingan buat ngundang. Tapi ya lingkaran pertemananku masih kecil banget ini teh, makin kecil kalau hitungannya cuma jabodetabek haha *tawa pasrah*

        Tapi ya… BODO AMAT! Yang penting mah kumpul aja 😂 Wahai Veera EO pemaksa, adakah di benakmu gambaran kegiatannya ngapain saja? Kalau ada, tentuin tanggal, deal!

        Liked by 1 person

      3. ikhh baru baca wkkk
        gatau mau ngapain del huahahaha
        eh dirimu jabodetabek dmn sih emang?
        kumpul di wa dulu ini bikin grup, abis itu kopdar ramean wakaka

        Liked by 1 person

      4. Apa ini vir, daku sudah lupa -_-
        Jaktim vir. Kamu sudah ada kenalan grup bloger lain kah? Kalau ada mending aku yang ikut gabung situ haha

        Like

    1. Ah.. Belajar dari mana kamu cara memuji seperti itu ☺️ *kaki sampe gak napak bacanya*

      Yup. Nggak masalah kok newbie atau bukan. Toh seneng aja bisa baca tulisan orang lain, melihat kehidupannya sekaligus belajar dari sana. Kamu juga nulis terus ya put 😄

      Liked by 1 person

    1. Ahay.. buku komedi ya.. Nyerempet2 ke komedi aja kali ya 😆 Kalau langsung bilang komedi takutnya pembaca ngarep dan ketahuilah unknown person, pengharapan itu menyakitkan… *suaradalam*

      Like

    1. Senior dalam hal apa dulu ini 😂 Kayaknya secara usia kita nggak beda2 jauh…

      Nulis maju mundur itu juga maksudnya apa wkwk. Saya mah konsisten nulis dulu aja, mau sambil mundur apa maju 😂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s