Sam Cooke – It’s All Right

It’s all right
It’s all right
It’s all right
Honey it’s all right
Long as I know, long as I know that you love me
Baby, it’s all right

Kembali saya jatuh hati pada lagu klasik. Kali ini lagu itu adalah It’s All Right milik Sam Cooke

 

Yang saya suka dari lagu klasik adalah kedalaman liriknya yang tak banyak dimiliki lagu zaman sekarang. Kebanyakan lagu zaman dahulu memiliki lirik yang sangat mengena. Tergantung dari pesan dan makna yang ingin disampaikan si pemusik. Pun dengan kesederhanaan aransemen lagu tersebut. Tanpa adanya bantuan instrumen elektronik dan editan komputer canggih, pemusik zaman dahulu benar-benar mengandalkan naluri melodi mereka dalam mengaransemen lagu. Mungkin karena naluri mereka benar-benar dari hati, makanya bisa sampai ke hati pendengar juga

Nah untuk lagu ini, saya merasa tenang ketika mendengarnya. Seketika memori saya kembali ke masa SD kelas 1. Waktu itu saya menangis sejadi-jadinya karena tak dapat menghafalkan surat Al-Ma’un (padahal pendek banget -_-). Padahal besoknya harus disetor ke Bu Guru. Saya yang waktu itu menganggap dunia sekolah adalah segalanya berusaha untuk terus menghafal tapi anehnya selalu gagal. Saya merasa sangat tidak berguna. Dan ketika itulah, seperti momen depresi saya lainnya, selalu ada Abba

“Nggak apa-apa nak, ada Abba di sini. Coba kita coba hafal lagi.”

Pada akhirnya hari itu saya hanya dapat menghafal sampai ayat ke-5. Itu tak masalah lagi. Kata-kata Abba  berhasil membuat saya tenang. Karena saya sadar kalau tidak menghadapi masalah ini sendiri.

Kurang lebih seperti itu makna lagu ini yang saya rasakan. Seperti perkataan menenangkan Abba. Walaupun sebenarnya lagu ini tentang cinta dan patah hati (mungkin), tapi saya rasa cocok untuk mengatasi momen depresi. Irama menenangkan a la nina bobo, kalimat all right yang repetitif yang serasa mengelus pundak dan bass yang mengayun menyadarkan kita bahwa  masalah apapun itu, selalu ada orang tempat kita berbagi. Bahwa seberat apapun masalah kita, masalah itu adalah kecil seiring berjalannya waktu.

Bagi yang merasa lagu dapat menjadi obat, dengarkan lagu ini saat sedang depresi. Baca Al-Qur’an juga obat mujarab lho 🙂

Read more: Sam Cooke – It’s All Right Lyrics | MetroLyrics

5 comments

Leave a Reply

