Florence and the Machine – Shake It Out

Salah satu kebiasaan (tak) produktif saya yang belakangan semakin giat saya lakukan adalah menjelajah dunia musik. Mengapa saya katakan menjelajah? Karena yang saya lakukan adalah mencari dan menemukan musik dengan melodi istimewa, yang sekali dengar akan sulit untuk terlupa. Perasaan ketika menemukan musik/lagu bagus itu luar biasa. Terkhusus jika lagu itu tak banyak yang tahu. Mungkin rasanya sama seperti anak-anak yang berhasil menemukan harta karun

Dan kali ini saya ketemu lagu yang ‘gue banget’. Eureka!

Wahai kau penikmat musik indie, saya persembahkan…

Shake It Out dari Florence and the Machine

Saya sangat tidak suka video klipnya, tetapi lagunya menakjubkan. Mendengar lagunya saya merasa gembira dan sedih bersamaan, yang artinya emosi dari lagu ini tersampaikan, yang artinya lagu ini bagus!

Vokal dari Florence Welch ini luar biasa. Sangat unik untuk kebanyakan penyayi wanita. Powerful, tetapi masih bisa main cengkoknya. Terlebih bagian peralihan nada tinggi ke rendahnya yang membuat perasaan saya terulang alik. Suara Florence sepertinya diciptakan untuk lagu ini. Namun kekuatan lagu ini tidak hanya pada vokal. Aransemen lagu ini tau betul cara penggunaan drum. Drum yang dominan menjadi semacam pembangkit emosi, menggambarkan liriknya yang mengajak untuk bangkit.

Bagi penyuka elemen gothic bisa jadi ini musik paling cocok. Kelam sekaligus menyilaukan…

10 comments

Leave a Reply

