Ennichisai 2016

Salah satu festival jejepangan terbesar Indonesia datang lagi neeh…

Yap, Ennichisai!

DSCF5639

Mikoshi

Dua tahun ke belakang selalu nggak sempat ngikutin nih acara. Padahal ngakunya suka jejepangan dan bahkan udah jadi anggota (tidak tetap) komunitas kampus. Untungnya tahun ini sempat datangin walau cuma 30 menit

Seperti dugaan, ennichisai ramenya kelewatan. Banyak stand dagang merchandise anime, jajanan jepang, sampai panggung gede buat tampil band. Katanya sih ennichisai tahun ini lebih banyak ngundang musisi dan artis Jepang daripada tahun lalu. Wajar aja dekorasinya meriah banget.

DSCF5633

Yang saya soroti adalah ragamnya pengunjung yang datang. Banyak dari mereka yang berpakaian ala cosplayer. Pahlawan Bertopeng-nya Shinchan, Hatsune Miku, Sasuke, Naruto dan banyak lagi karakter yang saya tidak tahu namanya. Lucu juga melihat wajah pribumi kita didandani layaknya karakter anime plus wig dan kontak lens pelangi. Biasanya cosplayer ini menjadi incara pengunjung lain untuk diajak berfoto bersama. Apalagi kalau cosplayer itu mirip banget sama karakter yang ditirunya. Bisa kayak gula dikerubuti semut. Hebatnya cosplayer, mereka tidak pernah kehabisan gaya meski diajak berfoto berkali-kali dengan orang banyak. Selalu saja ada gaya baru yang berbeda dengan sebelumnya. Misal cosplayer dengan pistol, gaya pertama ngacungin pistol ke depan dengan tatapan ‘kewl’. Kedua ujung pistolnya ditiup dengan gaya menggairahkan. Ketiga pistol nya ditaruh di kening kanan berlagak mau bunuh diri tapi dengan wajah percaya diri. Dijamin gaya keempat dan seterusnya berbeda dari yang sebelumnya.

2013-11-09 15.14.20

Wargreymon dan dua cosplayer wanita misterius. Nggak pernah mati gaya

Satu hal yang membedakan ennichisai dengan feistival jejepangan lainnya adalah ennichisai tidak hanya diramaikan budaya J-Pop dan anime tetapi juga budaya tradisional mereka. Contohnya ada Taiko (bedug ala Jepang) dan Mikoshi (sejenis arak-arakan berbentuk miniatur kuil Jepang)

Berikut jepretan yang saya ambil…

DSCF5637

Penabuh bedug cilik

DSCF5636

Dari belakang mirip perempuan kekar yah

DSCF5634

Ambil napas bentar… Berat oy

DSCF5646

Mikoshi kloter perempuan

DSCF5648

Kondisi ramenya jalan

DSCF5643

Baju putih: Orang Jepang asli. Memimpin rombongan dengan sorakan menggetarkan

DSCF5647

“Panas bos…”

DSCF5644

Aba-abanya: “Soya soya soya soya”

DSCF5645

Semangat betul soya soya nya. Udah kayak jualan air tahu 🙂

 

Nyesel banget saya nggak bisa lama-lama di sini 😦

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s