Ibex dan Dinding Dam dan Bosan

Satu lagi hari malas. Persis kemarin. Tak ada beda

Ah sebenarnya ada sedikit perbedaan. Hari ini televisi mendapatkan jatahnya lebih banyak. Bukan karena memang banyak acara bagus, tetapi karena saking bosannya terpaksa hidupkan TV. Bosan itu menyiksa. Mungkin itu konsep utama dari penjara. Membosankan narapidana selama mungkin hingga tiba-tiba ia menjadi baik

Dan kalau TV hidup, selama ada Yogi, artinya National Geographic

Aku bisa mengerti keseruan National Geographic. Menonton bagaimana hukum alam berlaku, luar biasanya mekanisme hidup fauna serta sosialisasi antar mereka yang ternyata banyak persamaannya dengan manusia. Kali ini mereka menayangkan kambing Ibex, fauna endemik Pegunungan Alpen. Ibex adalah spesies kambing liar yang doyan memanjat. Nah episode yang ditayangkan kali ini bercerita tentang fenomena aneh mengapa Ibex memanjat dinding vertikal (hampir) dari suatu dam

7029b31dce0b438c3105cd4de978a598-600x

Kambing Ibex memang terkenal karena kemampuannya dalam memanjat gunung. Mereka ahli parkour bebatuan gunung. Tetapi memanjat dinding vertikal secara sengaja belum diketahui secara pasti alasannya.

Jawabannya adalah garam. Di batu dinding dam itu mengandung garam dan Ibex memanjat untuk menjilatinya

“Sama seperti saya yang suka bir, mereka menyukai garam.”

Inilah yang dicari Yogi. Jawaban dari suatu misteri alam, sekalipun seringkali jawaban itu jawaban konyol sekalipun. Ketika menonton TV (National Geographic tentunya) , aku tak pernah melihatnya berkedip. Terkadang ditanya pun tidak menjawab. Dan ekspresinya itu, diam dan tertegun tanpa suara. Seolah mengagumi apa yang sedang ditayangkan di TV.

Nah coba baca. Enta apa yang kutulis ini. Awalnya seakan intro sebuah cerpen. Tiba-tiba membahas kambing yang menjilat dinding. Tak tanggung-tanggung, bahkan aku menyertai gambarnya. Coba lihat. Kebosanan bisa menyebabkan kamu melakukan hal yang tidak terduga. Tolong, tolong jauhi diri dari kebosanan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s