Rapat Pleno Tema PKL 55 – 1

Untuk pertama kalinya rapat pleno mengenai pembahasan proposal tema PKL 55 berlangsung pada jumat (4/12). Rapat yang bertujuan merevisi dan menyempurnakan rancangan penelitian PKL 55 ini dihadiri oleh perwakilan dosen, BPH, tim proposal serta anggota sub-seksi analisis ab12. Rapat pleno ini dilaksanakan terpisah bagi bidang ekonomi dan sosial.

Sebagaimana telah diketahui sebelumnya, baik dari bidang ekonomi dan sosial membawakan tiga prioritas utama tema PKL yang sebelumnya telah melalui proses musyawarah dengan perwakilan kelas. Tema tersebut dipresentasikan di depan dosen oleh perwakilan tim proposal. Para dosen kemudian mengevaluasi serta menyempurnakan tiga proposal tema tersebut agar dapat dikembangkan lebih lanjut.

Tema yang diajukan oleh bidang ekonomi di antaranya Kajian Potensi Agribisnis Rumput Laut di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Barat yang dipresentasikan oleh Deta Novian-Azka Muthia, Kajian Ekonomi Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Kabupaten Lombok Barat dan Mataram oleh Arista-Addin Khairun, serta Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Mutiara di pulau Lombok yang dipresentasikan oleh Dewa Ayu-Dyah Kusumaning. Masing-masing penyaji presentasi membawakan materi dengan meyakinkan.

Meskipun begitu, masih banyak yang harus disempurnakan dari ketiga proposal tema tersebut. Seperti center problem yang masih belum fokus serta teori dasar sebagai pendukung penelitian yang masih kurang. Ruang lingkup ketiga tema juga dirasa belum pas. Untuk kajian ekonomi rumput laut dan mutiara dikatakan terlalu sempit sedangkan pariwisata berkelanjutan masih terlalu luas. Untuk itu tema dan batasan penelitian harus di tentukan secara jelas dan definitif. Lebih lanjut anggota PKL 55 diminta untuk lebih banyak lagi membaca teori-teori dari buku referensi atau semacamnya agar mendapatkan gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti.

Serupa dengan bidang ekonomi, bidang sosial juga mengajukan tiga tema untuk dibahas bersama para dosen. Ketiga tema tersebut membahas tentang Perilaku Kesehatan Ibu yang dipresentasikan Devita Indah, Potensi Masyarakat dalam Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan bagi Pariwisata dan Masyarakat oleh Sepnita Wulandari, serta Kesejahteraan Keluarga TKI yang dibawakan Amanda Putri dan Andi Wahyu.

Banyak tanggapan mengalir dari dosen terkait ketiga tema. Misalnya seperti analisis kesehatan ibu yang dikatakan Pak Hardius sudah banyak dilakukan di skripsi-skripsi juga berbagai penelitian lain. Sedangkan untuk tema pariwisata Pak Jeffry mengatakan masalah yang ada di sana belum terarah. Perlu ada perubahan tentang dari sudut pandang siapa keamanan ini akan dilihat, dari masyarakat atau wisatawan. Untuk kesejahteraan TKI, tim tema PKL 55 hanyamelihat dari remitansi TKI-nya. Hal ini dipandang banyak dosen memiliki ruang lingkup analisis yang masih sempit. Ada banyak variabel atau faktor yang dapat digali lebih dalam semisal apakah TKI di luar negeri mendapatkan perlakuan yang baik/buruk, bagaimana kehidupan TKI di sana dan lain sebagainya. Pada akhirnya mayoritas dosen cenderung mendukung analisis terkait TKI. Alasannya kajian analisis TKI belum banyak dilakukan dan mengingat fakta NTB sebagai penyalur TKI terbesar di Indonesia.

Begitu banyak saran dan pencerahan dalam rapat pleno tema pertama ini. Dosen pun turut mengapresiasi kerja keras tim proposal yang dapat merumuskan rancangan penelitian seperti ini di waktu yang singkat. Diharapkan PKL 55 memiliki basis tema yang kuat agar menghasilkan output memuaskan. Perlu diingatkan rapat pleno pertama ini hanya bertujuan untuk menyempurnakan dan menguatkan ketiga proposal tema. Jadi belum memilih proposal mana yang akan dijadikan tema resmi PKL 55. Memang tidak mudah awalnya, namun apabila kita berhasil menapaki langkah pertama dengan mantap, kita akan lebih siap menghadapi rintangan demi rintangan di depan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s