Bakti PTK 2015

Sejumlah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung dalam Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) berkumpul di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi untuk menggelar Bakti PTK 2015 pada 23-25 oktober yang lalu. Bakti PTK sendiri adalah suatu program FMKI yang berbentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa kedinasan se-Indonesia. Program ini sendiri pada mulanya merupakan program binaan dari STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) yang bernama Developing Indonesia. FMKI kemudian menjalin kerja sama dengan STKS untuk mengadopsi Developing Indonesia menjadi Bakti PTK. Adapun pada Bakti PTK 2015 ini tercatat ada 8 perguruan tinggi kedinasan yang ikut serta di antaranya STMKG, STAN, STKS, STP, STTD, STIP, Poltekkes Jakarta 2 dan STIS.

Terdapat tiga kegiatan utama dalam pengabdian masyarakat Bakti PTK 2015 ini di antaranya medical check-up dan pengobatan gratis untuk lansia, pemaparan materi parenting, serta sharing dan pemberian motivasi pendampingan anak. Delegasi STIS bertugas sebagai penanggung jawab dalam sesi pendampingan anak. Materi yang disampaikan dalam sesi ini bertujuan mendidik anak seperti mencuci tangan dengan sabun, etika dengan tiga kata ajaib (terimakasih, tolong, maaf) dan mengajak anak-anak di sana bernyanyi bersama. Seluruh anak-anak tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan pemateri mahasiswa dari STIS. Tak hanya anak-anak, lansia di Desa Gede Pangrango juga terlihat sangat senang berpartisipasi dalam pengobatan gratis. Desa Gede Pangrango seketika penuh dengan hiruk-pikuk keramaian karena kedatangan Bakti PTK ini.

Bakti PTK diadakan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi pasal yang ketiga tentang pengabdian masyarakat. Namun arti dari adanya Bakti PTK sendiri lebih dari itu. Bakti PTK telah memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat. Bahwa begitulah seharusnya mahasiswa. Berbaur, bersatu demi kemajuan bangsa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s