Imperial Trans-Antarctic Expedition (1)

A live donkey is better than a dead lion, isn’t it?

Satu-satunya komentar yang Ernest Shackleton berikan pada istrinya setelah ia gagal mencapai kutub selatan. Orang-orang bilang ‘tinggal’ 180 km lagi. Lucu sekali. Seolah-olah bolak balik 180 km di suhu bawah 0 oC ala Antartika mudah dilakukan. Tapi tetap saja. Walau disambut bagai pahlawan, ada rasa kurang puas dalam dirinya. Mungkin yang bisa dijadikan penghibur, setidaknya, Shackleton memperpanjang rekor titik selatan terjauh yang pernah dicapai manusia saat itu.

Setahun kemudian, 14 Desember 1911, seorang Norwegia Roald Amundsen berhasil menjadi yang pertama mencapai kutub selatan. Shackleton kemudian beralih pada proyek penjelajahan baru yaitu penjelajahan lintas benua antartika. Dengan kata lain, ia ingin menjelajah Antartika dari Laut Weddel (dekat Argentina), membelah Antartika, lalu kembali melintasi laut di laut Ross (dekat Australia). Sebuah perjalanan yang ia ungkapkan sebagai “one great object of Antarctic journeyings”

Ekspedisi itu dikenal banyak orang dengan nama Imperial Trans-Antarctic Expedition

Ekspedisi ini terbagi menjadi dua rombongan dan dua kapal. Rombongan Laut Weddell dan rombongan Laut Ross. Rombongan Laut Weddell (dipimpin Shackleton) memiliki misi mengantar Shackleton dengan kapal Endurance dan lanjut mendarat di pantai Vahsel di mana 6 orang di antaranya dengan Shackleton akan melakukan perjalanan lintas benua. Kelompok lintas benua ini membawa serta 69 anjing, 2 motor sledges dan peralatan ekspedisi professional, akan melintasi 2900 km menuju ke laut Ross.

Sementara itu rombongan Laut Ross dengan kapal Aurora (dipimpin Aeneas Mackintosh) bertugas berangkat ke Markas Ekspedisi Laut Ross, tepatnya di McMurdo Sound, sisi lain benua. Setelah mendarat mereka akan sedikit menjelajahi Antartika hingga paling jauh sampai Beardmore Glacier, berharap bertemu rombongan Shackleton dan membantunya pulang. Karena perjalanan yang jauh bagi Shackleton, rombongan Mackintosh sekaligus sebagai penyuplai makanan dan persediaan di tiga depot perkemahan yang akan dilalui Shackleton.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s