Lenka

Lenka pernah berkata, “Trouble is a friend but trouble is a foe, oh oh”

‘Oh oh’ di sana bisa jadi bagian yang paling diingat bagi sebagian orang. Termasuk a… ah sudahlah. Entah apa maksud lagu Lenka di sini. Masalah adalah teman, masalah adalah musuh?

Aku tak tahu pasti, tapi aku bisa meraba. Mungkin yang Lenka maksud adalah kita tak akan pernah bisa lari dari yang namanya masalah. Ia ada layaknya teman atau musuh, yang pasti kita temui tiap hari. Layaknya kita yang membutuhkan dan mencari teman atau layaknya musuh yang memerlukan keberadaan kita. Kalau pun bukan karena kita, orang lain akan menciptakan masalah dari kita. Sesimpel itu.

Intinya, sepandai apapun kita menghindar dari masalah, ia tetap datang. Ia sudah berlari saat kita memulai ancang-ancang. Seandainya pun kita berhasil lari duluan, ia akan melesat, menghantam kita, tanpa berniat menginjak pedal rem. Tidak ada yang namanya tindakan preventif, yang ada solusi kuratif. Kalau sudah begitu, tinggal bagaimana kita menghadapi masalah itu. Apa kita sanggup tak bergeming saat ia hantam? Apa kita sanggup bangkit saat ia jatuhkan? Apa kita sanggup?

Berkat masalah, aku lelah secara fisik dan batin. Lelah karena ketidakmampuanku, kelalaian, kemalasan, keburukan, keegoisan, kemunafikan, KEKURANGAN!!!

Ya Allah, jika memang semua masalah ini menguatkanku, bimbinglah hamba-Mu agar tak menyerah. Kuatkan hamba. Sesungguhnya hamba yakin bahwa hamba hanya secuil narasi dari skenario maha benar milik-Mu. Hamba percaya Kau akan selalu memberikan yang terbaik untukku. Mungkin bukan seperti alur menyenangkan yang aku mau, tapi akhir terbaik untukku.

Pasti familiar dengan ayat ini. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Ya kan?

Allah sampai berfirman di dua ayat berturut-turut untuk meyakinkan kita, supaya kita, makhluk pelupa, selalu ingat dan yakin sesulit apapun masalah yang kita miliki pasti akan berakhir dengan kemudahan. Kelak, satu-dua-lima tahun dari sekarang kita akan tertawa terkenang betapa hebohnya kita saat ditimpa masalah sekecil itu. Tertawa bahwa sebenarnya masalah yang kita hadapi bukan apa-apa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s